Transfer Video dari Handycam Sony Mini-DV ke Komputer Menggunakan USB 2.0

Kali ini ane pingin nulis cara Transfer Video dari Handycam Sony Mini-DV ke Komputer Menggunakan USB 2.0

Banyak cara untuk memindahkan video dari komputer ke handycam. Apabila kita menggunakan kamera video dengan media penyimpanan mini-DV maka ada dua cara pemindahan video yaitu dengan interface FireWire (IEEE 1394) dan USB 2.0. Perbedaan mendasar dari dua antarmuka/interface tersebut adalah pada kecepatan transfer data. FireWire memungkinkan kita mentransfer data dengan kecepatan hingga 800 Mbps, sedangkan USB versi 2.0 mendukung kecepatan hingga 480 Mbps.

Untuk kualitas video yang dihasilkan, antarmuka FireWire mampu menghasilkan video dengan resolusi 720 x 576 pixel (PAL), sedangkan antarmuka USB 2.0 hanya mampu menghasilkan video dengan resolusi maksimal 640 x 480 pixel. Kedua ukuran resolusi tersebut lebih dari cukup untuk membuat konten video yang nantinya akan didistribusikan dalam format Video CD (VCD) yang memiliki resolusi 352 x 288 pixel (PAL).

Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba memindahkan video dari Sony Handycam Tipe DCR-HC42E ke Personal Computer menggunakan antarmuka USB 2.0. Aplikasi video editing yang digunakan untuk menangkap (meng-capture) video dari handycam adalah Windows Movie Maker 2.0 yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows XP Professional SP 2. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Download file USBDRVEN.zip , lalu buka menggunakan aplikasi WinZIP atau klik dua kali (maka aplikasi Windows Extractor yang ada di dalam Windows XP akan membuka file tersebut). Ekstraklah ke lokal direktori yang ada di komputer. Berikutnya klik dua kali pada file USBDRVEN.exe. Pilih lokasi ekstrak. Lalu dalam folder hasil ekstraksi klik dua kali pada file Setup.exe untuk memulai proses instalasi.
  2. Hubungkan handycam ke AC adaptor (cara yang sama untuk mengisi batere).
  3. Seting handycam ke USB stream mode. Buka LCD pada handycam, lihat menu yang ada di sebelah kanan bawah. Kemudian tekan P-menu, lalu tekan MENU, selanjutnya pilih EDIT/PLAY, lalu klik USB MODE, selanjutnya pilih USB Stream.
  4. Rewind handycam ke posisi awal rekaman gambar.
  5. Hubungkan handycam dengan PC menggunakan kabel USB. (USB-Mode t handycam LCD / viewfinder.)
  6. Jalankan aplikasi Windows Movie Maker.  Klik pada menu ’Capture..‘ untuk memulai.
  7. Pilih Sony Digital Imaging Device. Klik Next.
  8. Tentukan file name dan lokasi penyimpanan untuk meng-capture video. Klik Next.
  9. Tentukan format capture dan klik Next. (Gunakan pilihan recommended setting jika tidak jelas)
  10. Tampil dialog box dengan tombol Start Capture dan End Capture di sebelah kiri atas serta preview window i sebelah kanan.
  11. Play pada handycam. Maka video dari handycam akan tampil pada preview window dari WMM.
  12. Klik tombol Start Capture untuk mulai merekam video. Klik tombol End Capture untuk menghentikan perekaman.
  13. Klik tombol Finish. Berikutnya file .wmv akan disimpan pada lokasi penyimpanan yang kita tentukan pada langkah ke-7.

Sekali lagi kami tekankan bahwa cara capture video seperti ini hanya dipergunakan untuk memindahkan video dari kamera handycam Sony dengan penyimpanan Mini-DV. Driver USB yang tersedia hanya cocok digunakan pada sistem operasi Windows XP, dan tidak mendukung sistem operasi Windows Vista.

Selamat Mecoba …

Incoming search terms:

  • cara memindahkan data dari handycame sony yang di protect
  • download aplikasi transfer video dari handycamp sony DCR-HC26 ke computer
  • sony handycam bilgisayara aktarma
  • transfer home video from your handycam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>